Tuesday, June 19, 2012

Cannes Lions International Festival 2012

Berawal dari seorang teman yang men-tweet link "Leo Burnett 25th Anniversary Edition of Cannes Predictions" jadilah saya penasarann.. Dan saya baru tau massssa kalo "Cannes" itu ternyata bukan cuman penghargaan untuk film. Ternyata ada "Cannes" yang khusus untuk advertising. Yaaa namanya beda sihh emang. Kalo yang film itu The Cannes International Film Festival , kalo yang untuk advertising itu Cannes Lions International Festival of Creativity. Kedua penghargaan itu sama-sama diadain di Cannes, Perancis. Kalo film festival-nya udah berlalu dengan menampilkan Dian Sastro sebagai perwakilan dari Asia Tenggara, nnaahh Cannes Lion ini baru akan diadain 17 - 23 Juni 2012.

"Inspiring Creativity is at the heart of Cannes Lions. The Festival is where creative professionals come to debate, learn and be inspired; where the greatest industry honours are bestowed; where those pushing creative communications forward are celebrated."


Penasaran gak sih kalian buat ngeliat kreatif macam apa sih yang bikin brand-brand ini nongkrong menjadi nominasi penghargaan yang bergengsi kayak Cannes Lion ini. Jadilah saya buka link Leo Burnett 25th Anniversary Edition of Cannes Predictions, trus saya cari satu per satu video nya di Youtube. And believe me, you'll be suprpised yet excited watching each video :D

Teruss teman saya bilang kalo orang-orang di kantornya disuruh milih 15 dari 40 advertisement yang ada di list, dan yang paling geda skornya bakalan dapet hadiah. Wow! Sounds fun, huh? Daannn yaaa saya sok sok ikutan ajaaa milih 15, siapa tau saya kcipratan hadiahnya :p #YaaaKaaalleleee

Karena saya belom ahli dalam menganalisa dari berbagai aspek, jadi saya pilih berdasarkan mata hati seorang awam saja yaa. Hehehehe

Eniwey, ini prediksi saya (bukan urutan) dan sedikit komen ke-sotoy ayam-an saya :p *laperrrr*

1.Carlsberg “Bikers” Duval Guilaume, Brussels, Belgium
Siapapun orangnya, pasti ngeri duluan begitu masuk ruangan yang isinya penuh sama pria-pria berbadan besar dan bertato :s

2. Sony — Playstation 3 “Michael” Deutsch, Los Angeles, USA
Buat saya yang gak paham soal play station, yaaa gak ngerti siapa-siapa aja tokoh dalam TVC ini. Tapiii tetep gak kehilangan maksud dari TVC ini kok, meskipun ngertinya pas di akhir-akhir :D

3. DirecTV “Cable Effects” Grey, New York, USA
Yang bikin lucu adalah ada efek sebab akibat yang kalo bahasa twitter bilang #RandomThought

4. Barnardo’s “Life Story” BBH, London, UK
One of my favourite!

5. P&G “Best Job — Olympics” Wieden + Kennedy, Portland, USA
Boookkk yaaa kok saya nangis yaa nontonnn ini :'( Mungkin karena bercerita tentang pengorbanan dan kasih sayang seorang ibu.

6. Greenpeace “Oil On Canvas” Publicis Mojo, Auckland, New Zealand
Siapa sihh yang gak tergugah kalo liattt iniii?? Ayooo siaaapaaa?

7. BGH “Dads With Briefs” Del Campo Nazca Saatchi & Saatchi, Buenos Aries, Argentina
Meskiii agaakk ngerasaa jijik gimanaa gitu yaa nonton ini, tapiii jangan sampe kejadian kayak gini terjadi di bumi pertiwi! BLAH!

8. Target “Little Marina” Mother, New York, USA
Siapaaa yang menyangka seorang "Little Marina" memberikan dampak yang begiittuuuu besar untuk dunia fashion ;)

9. Organ Donor Foundation “Leila” Lowe Bull, Cape Town, South Africa
Simple tapi ngena. One of my favourite!

10.Google Chrome “Dear Sophie” BBH & Google Creative Lab, NYC, USA
Ini juga bikin saya terharuuu. Dan yang pasti menginspirasi buat ngelakuin hal yang sama buat anak saya nanti :)

11. UNA — ONLUS “Hate” JWT, Milan, Italy
Ini favourite temen saya. Dann ya, saya langsung setuju begitu liat TVC ini. *speechless*

12. United Colors of Benetton “UnHate” 72andSunny, Los Angeles, USA
Bikin orang terprovokasi. Sensational! Sambil mikirrr, bisa dong yaahhh bikin foto saya cipokaannn sama Cesc #eh

13. 7-Eleven — Slurpee “BYO Cup Day” Leo Burnett, Melbourne, Australia
Hmmmm.. Kalo saya bakalan bawa jumbo kaliii yaaa ke Sevel. Scaraa galon isi ulang udah ada yang makee. Pffttt

14. John Lewis “The Long Wait” Adam & Eve, London, UK
Seriously deeh maaakk.. Ini bikin kalian yang nonton juga jadi gak sabarann liat endingnyaa.

15. Chipotle “Back to the Start” Creative Artists Agency/Chipotle, USA
Boookkk bikin yang kayak beginiannn suyeeeehhhhh boookkkkk. Dan saya pikir layaklahhh buat masuk list saya ini :D







No comments: