Wednesday, May 23, 2012

Tentang Sebal

Pernah sebal sama seseorang gak?
Pasti pernah dong yaaaa..

Tapi pernah gak, saat kita sebal sama seseorang kita seperti tertampar?
Pasti gak semuanya pernah yaaaa... Kadang-kadang saja....

Itu yang saya pelajari dari hari ini. Boleh sebal sama orang lain. Wajar kok. Manusia kan diciptakan dengan kemampuan merasakan. Tapi jangan lupakan berpikir. Yes. Kemampuan manusia untuk berpikir mana yang baik dan mana yang buruk. Bukan mana yang benar dan salah loh, karena menurut pemikiran lugu saya ini, benar atau salah itu relatif.

Ada baiknya ketika kita merasakan sesuatu, kita juga harus berpikir tentang sesuatu itu juga. Ribet yah? Hahaha.. Intinya mah kudu seimbang antara kinerja hati dan otak. Coba diperhatikan. Sebelum kita sebal, benci, suka, atau cinta sama seseorang, coba kita tanyakan dulu rasionalitasnya. Patutkan kita merasakan hal-hal tersebut? Atau setidaknya... "ngaca".

Simple-nya adalah...

Kalo gak mau disebalin sama orang karena hal itu, yaa jangan berbuat hal yang nyebalin itu.
Kalo emang gak suka sama kerjaannya, yaa udahin aja.


Buat si penyebal (orang yang merasakan sebal),
Ada baiknya kalo kita ngomong baik-baik ke orang yang bersangkutan. Bilang kalo kita keberatan dengan sikap atau apapun itu yang membuat kita gak nyaman. Bisa jadi, dan pasti ini yang sering terjadi adalah, si orang ini gak tahu kalo sikapnya itu bikin kita sebal. Kita gak bisa terus menerus berharap agar si orang ini sadar dengan sendirinya kan. Yaaa sukur kalo sadar, kalo gak, mauuu sampee kapannn ceuuuu?
Nnnahhh.. Kalo kita udah ngerasain sikap yang kayak gitu bikin sebal orang, ke depannya jangan deh yaa kita coba-coba ngelakuin hal yang sama ke orang lain. Kita cukup pintar untuk belajar dari pengalaman sendiri kann?

Buat si nyebalin (orang yang disebalin),
Pleaassee, pay more attention to your surrounding. Belajar peka. Coba untuk menempatkan diri di posisi orang yang nyebalin kita. Kerasa gak enaknya kan?
Dan introspeksi coba deh. Kita kan gak bisa terus menerus memenuhi ego kita tanpa peduli apa yang terjadi pada di sekeliling kita.


Ayolah! Demi asas "situ senang sini goyang"
#OkeSip!


No comments: